Senin, 15 Februari 2016

Sulteng Jadi Provinsi dengan Pembenahan Minerba Paling Baik

Sedangkan provinsi dengan pembenahan paling buruk adalah Provinsi Kalimantan Timur



Pertambangan batubara. (Foto: Istimewa)
JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dari catatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapat predikat sebagai wilayah dengan perbaikan pembenahan sektor industri mineral dan batu bara (minerba) paling tinggi.

Koalisi Anti-Mafia Tambang, Pius Ginting mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Sultehg telah berhasil menyelesaikan banyak persoalan tumpang tindih perizinan lahan tambang yang berada dalam kawasan konservasi.

"Dalam indeks yang kami buat selama Korsup (Kordinasi dan Supervisi) minerba ini, provinsi yang paling mencatat perbaikan adalah Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam artian provinsi tersebut banyak mengatasi persoalan tumpang tindih perizinan dalam kawasan konservasi," ungkap Pius kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/2).

Sementara itu, Pius mengakui, provinsi yang tercatat sebagai provinsi dengan pembenahan Izin Usaha Pertambangan (IUP) paling buruk adalah Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal tersebut ditegaskannya melalui bukti sebanyak 97 ribu hektar (ha) lahan pertambangan yang masih masuk dalam kawasan konservasi. Dirinya menghimbau, agar Pemda Kaltim segera berbenah menertibkan para pemegang IUP tersebut.

"Provinsi yang harus berbenah banyak adalah provinsi Kalimantan Timur. Dimana terdapat 97 ribu hektar pertambangan masih dalam kawasan konservasi," tutup Pius.

Penulis : Citra Fitri Mardiana
Editor : Deni Muhtarudin



http://www.jitunews.com/read/31040/sulteng-jadi-provinsi-dengan-pembenahan-minerba-paling-baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesan dan pesan